Tiruan IKEA di kota Kunming, Cina

06 August 2011

Sejak lama Cina dikenal masyarakat dunia sebagai negara yang memiliki keahlian 'memalsukan' berbagai jenis barang, terutama dari merek ternama. Baik berupa tas dari merek terkenal, elektronik, hingga furniture.
Sekitar 2-3 minggu yang lalu DaVinci furniture di Cina menjadi berita hangat karena produknya yang sebenarnya buatan Cina, tetapi diklaim buatan Italia. Selain itu seorang blogger Amerika yang tinggal di Cina menulis dalam blognya BirdAbroad tentang Apple Store palsu di kota Kunming.
Dan kini, di kota yang sama, juga ditemukan toko furniture bernama '11 Furniture' yang meniru hampir keseluruhan konsep IKEA store. Warna khas biru dan kuning, tata ruang di dalam toko yang berdasarkan 'mock-up', petunjuk-petunjuk di dalam toko, hingga menu restoran IKEA.

11 Furniture apabila diucapkan dalam bahasa Cina, akan kedengaran mirip dengan pengucapan IKEA oleh rakyat Cina. “Shi Yi Jia Ju" adalah pengucapan untuk nama 11 Furniture, dan “Yi Jia Jia Ju” adalah pengucapan untuk IKEA dalam bahasa Cina.
Di website resmi IKEA sendiri tidak ada menyebutkan lokasi IKEA Store di kota Kunming. Kelihatannya Cina saat ini bukan hanya ahli dalam hal pemalsuan produk, akan tetapi sudah mulai merambah pemalsuan konsep maupun strategi pemasaran dari beberapa retail terkenal.
Dan nampaknya banyak pihak yang mulai kuatir akhir-akhir ini melakukan 'sweeping' masalah pembajakan di Cina, khususnya bagian selatan.

Bagian depan toko 11 Furniture (foto: reuters)

Sebuah keluarga sedang memilih produk (foto: reuters)

Karyawan memindahkan troli (foto:reuters)



10 comments:

Post a Comment