WEINIG - Teknik Untuk Masa Depan

02 April 2009

Saat ini boleh dibilang bahwa masa / jaman untuk mass production dalam jumlah besar sudah berakhir. Sebagai contohnya, pesanan-pesanan dari buyer luar negeri untuk produksi profil, dimana dulu jumlahnya dihitung dalam kilometer panjang, dengan tenggang waktu pengiriman yang agak longgar dan lama (in advance). Namun sekarang permintaan dari kebanyakan buyer hanya beberapa meter dengan lebih banyak varian dan harus dikirim sesegera mungkin, atau boleh dibilang pasar saat ini menghendaki apa yang sedang dibutuhkan saat ini “just in time”, bukan pemesanan di awal untuk pengiriman beberapa bulan ke depan.

Dengan demikian, bagi produksi dituntut mampu untuk senantiasa berubah dan menyesuaikan agar bisa dengan fleksibel menanggapi tuntutan pasar yang cenderung berubah-ubah. Artinya, produktifitas akan menurun serta harus semakin banyak penggunaan jenis mesin dan line produksi. Untuk menjawab tantangan itu, pabrik pembuat mesin-mesin pengolah kayu harus mulai memikirkan untuk membuat mesin dengan penyetelan cepat dan mudah dan harus diimbangi juga dengan peningkatan kecepatan proses. Penyetelan mesin hanya dalam beberapa menit, diperhitungkan untuk tiap-tiap pisau hanya dalam beberapa detik; berarti membutuhkan teknologi baru yang benar-benar harus fleksibel. Bahkan, produksi dengan “zero defect” nantinya pasti akan menjadi suatu standard dalam dunia pengolahan kayu.

WEINIG
, sebagai “first class manufacturer” untuk mesin “moulder” sudah memikirkan kemungkinan-kemungkinan di atas dengan mengembangkan satu teknologi bekerjasama dengan beberapa perusahaan pembuat pisau; yaitu dengan mengadaptasi teknologi HSK tooling yang dapat dilepaskan dan dikencangkan hanya dengan menekan satu tombol saja – “just comes at the right time”.

Teknologi yang dipakai – HSK adalah sama dengan teknologi yang sudah banyak digunakan di dalam panel industry untuk CNC machining centre atau biasa disebut juga dengan point to point machine. WEINIG membuat paten untuk teknologi ‘PowerLock, yang berdasar dari ide HSK tooling, dengan beberapa modifikasi yang diperlukan untuk mesin moulding, antara lain: supaya dapat menumpu secara horizontal rumah pisau sampai sepanjang 300mm, dengan kekuatan sebesar 3 ton.

(image deleted/01-jun-09)

Dengan teknologi HSK, rumah pisau dapat diposisikan tepat pada titik pusat poros motor pada mesin, dan masih lebih presisi dibanding sistem pengencangan hydraulik (seperti pada system Hydromat), bisa dikatakan “zero tolerance”, sehingga pada akhirnya mesin dapat dioperasikan pada putaran 12,000 rpm (dua kali lipat dari moulding conventional).



Yang sangat mengagumkan dari teknologi PowerLock ini adalah kecepatan dan kemudahan dalam mengganti pisau yang luar biasa cepat; 2-3 kali lebih cepat daripada penggunaan pisau konvensional; untuk penggantian tiap pisau hanya rata-rata 30 detik saja. Penggantian pisau dilakukan hanya dengan empat langkah mudah:
1. Melepaskan pisau dengan menekan tombol
2. Mengangkat pisau dengan tangan
3. Mengganti pisau yang baru
4. Mengaktifkan pisau yang baru dengan menekan tombol

Berikut adalah table perbandingan system PowerLock dengan conventional moulder:



Kunci utama dan factor pendukung untuk teknologi “zero defect” ini ada pada tool room dan persiapan pisau serta peralatan sebelum masuk ke mesin. Dengan persiapan komputerisasi yang cukup, proses produksi sudah disimulasi dan dipersiapkan dari PC kantor atau tool room, sejak sebelum proses produksi dimulai, sehingga setiap profil pertama yang keluar dari mesin sudah merupakan hasil akhir sesuai dengan yang diinginkan. Kita menyebutnya PowerCom, satu software yang berfungsi sebagai penyimpanan data jenis-jenis pisau, data produksi, data order, dan juga service control. Dengan begitu semua proses produksi dapat dianalisis dengan akurat: efisiensi mesin, evaluasi untuk operator mesin, data produksi, dan sebagainya.



Memenuhi permintaan sebuah perusahaan di Eropa, WEINIG dengan menggunakan system PowerLock sudah sukses membuat mesin moulder dengan kecepatan 1000M/menit.
Mimpi buruk mengenai kefleksibilitasan produksi sudah menjadi seperti mainan anak kecil saja bagi para operator, selama waktu menjadi perhatian yang utama.



contributed by Budi Santoso
WEINIG Surabaya Representative Office
Ruko Vila Bukit Mas RP15
Jl. H. Abdul Wahab Siamin
Surabaya 60225

TEL: +62 31 711 70 909
FAX: +62 31 567 6235
MOBILE: +62 81 597 18 577 ; +62 31 727 90 577

5 comments:

Post a Comment