IFFINA atau VIFA 2009?

18 March 2009

Pameran IFFINA 2009 yang dilaksanakan minggu kemarin dianggap kurang sukses oleh beberapa pihak dan sebagai salah satu penyebabnya adalah kurangnya dukungan pemerintah dalam penyelenggaraan pameran furniture bertaraf internasional tersebut.

Dukungan yang diperlukan disebut bisa berupa undangan pemerintah terhadap para duta besar dari negara pembeli atau bantuan berupa biaya promosi ke luar negeri. Dari seluruh peserta pameran yang berjumlah lebih dari 300 manufaktur tersebut tercatat sekitar 60% menandatangani kontrak.

Namun sebenarnya di saat yang hampir bersamaan, yaitu 11-14 Maret 2009 juga diadakan pameran furniture yang serupa yaitu VIFA 2009 (Vietnam International Home & Accessories) di Ho Chi Minh City, Vietnam. Tentangkayu.com sempat mengunjungi pameran tersebut dan nampak bahwa jumlah pengunjung terbilang lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Secara ekonomis dan strategis para buyer mungkin mempertimbangkan pameran mana yang ingin mereka kunjungi dan dari pengamatan tersebut ternyata mereka terbagi dua tempat sehingga tidak bisa mengunjungi pameran yang sama pada saat yang sama di tempat yang berbeda.


Suasana VIFA 2009 fair