Tren Furniture di Era Teknologi

19 February 2009

Desain furniture kayu bagaimanapun juga ternyata harus bisa menyesuaikan perkembangan teknologi industri dan informasi yang saat ini berkembang cukup pesat.

Sebagai sebuah contoh misalnya terlihat bahwa masyarakat mulai meninggalkan desain kabinet TV model klasik yang mana model tersebut bercirikan sebuah almari tinggi dengan area di tengah sebagai tempat meletakkan televisi. Tidak ketinggalan pula sistem landasan yang bisa berputar pada bagian dasar untuk peletakan TV sehingga bisa diputar dan ditarik sesuai dengan arah yang kita inginkan.

Di era serba digital saat ini telah banyak produsen yang memproduksi pesawat televisi datar yang memiliki ketebalan jauh di bawah televisi konvensional. Jenis TV Plasma atau LCD bisa memiliki ketebalan hingga 5cm dan cukup digantung atau diletakkan pada permukaan meja yang relatif kecil.

Perkembangan teknologi komputer juga perlu diikuti oleh produsen dengan menyesuaikan desain komputer modern yang cenderung memiliki monitor datar, CPU kecil dan saat ini telah banyak terdapat di pasaran jenis speaker komputer yang terdiri lebih dari 5 buah speaker.

Ini salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh produsen furniture di Indonesia, terutama bagi mereka yang berorientasi ekspor. Memproduksi desain baru bukan hanya membuat furniture baru.

5 comments:

Post a Comment