Kayu ilegal dari Indonesia di Malaysia

04 January 2009

Pada sebuah acara penanaman 500 pohon di Teater Kalong milik WS Rendra, Depok hari Rabu sore kemarin, tanggal 31 Desember 2008, Menteri Kehutanan MS Kaban mengatakan semua kayu Malaysia yang berasal dari Indonesia merupakan kayu ilegal.

Pernyataan dari seorang Menteri tentunya juga ada dasar-dasar kuat yang mendukung. Walaupun begitu, pemerintah Malaysia masih tetap bersikeras bahwa kayu yang mereka peroleh dari Indonesia adalah kayu legal.

Apapun isi pernyataan tersebut dan terlepas dari mana yang benar ataupun yang tidak, tentangkayu.com berpendapat bahwa memang pada kenyataannya terdapat kayu-kayu dari Indonesia yang mendapatkan sertifikasi di Malaysia sebelum kayu-kayu log tersebut diekspor ke negara lain.
Selain itu suatu hal yang patut kita hargai adalah kerja keras dari pemerintah Indonesia yang telah berhasil menurunkan jumlah aktifitas ilegal logging di Indonesia menjadi 300 kasus pada tahun 2008 ini. Suatu penurunan yang sangat baik dibandingkan pada tahun 2003-2005 yang mencapai ribuan.

referensi:
ANTARANEWS

0 comments:

Post a Comment