Standar Formalin baru di California, Amerika Serikat

21 September 2008

Semua retailer furniture khususnya di area California Amerika Serikat akan harus memenuhi standar emisi Formaldehyde baru yang akan diberlakukan oleh pihak berwenang setempat mulai November 2008. Peraturan baru tersebut akan membatasi penggunaan material kayu termasuk Medium Density Board (MDF), hardwood plywood dan partikel board.

Menurut California Air Resources Board (CARB), sebuah instansi yang bertugas menentukan standar memperkirakan bahwa terdapat ribuan produsen papan buatan (yang menggunakan hardwood plywood) seperti disebutkan di atas di seluruh dunia dan sekitar 10.000 berada di Cina. Beberapa produsen yang terdapat di Vietnam juga sedang dalam proses sertifikasi, menurut agen sertifikasi setempat.

Para retailer di California akan memiliki waktu hingga Juni 2010 untuk benar-benar 'membersihkan' tokonya dari produk dengan emisi Formaldehyde yang melebihi batas baru tersebut.

Indonesia paling tidak memiliki 11 perusahaan produsen yang memiliki potensi masalah tersebut. 11 produsen papan buatan tersebut hingga saat ini belum memiliki sertifikat yang memenuhi standar baru dari CARB.

Bisnis Indonesia
furnituretoday

6 comments:

Post a Comment