IKEA akan segera hadir di Bangkok

29 September 2008

Dalam situasi ekonomi global yang sedang melemah saat ini, IKEA, retailer perlengkapan rumah justru akan membuka outlet baru hingga 20 toko di seluruh Asia Pasifik di Bangkok, Thailand beserta negara lainnya seperti Jepang, China dan Australia.

Saat ini penjualan IKEA paling besar diperoleh di Eropa (70%), disusul Amerika Utara (20%) dan hanya 10% diperoleh di Asia Pasifik.

IKEA store yang akan menjadi toko pertama di Thailand rencananya akan dibuka pada tahun 2009. Di samping itu baru-baru ini IKEA menandatangani kontrak kerja senilai 15 milyar baht (kurang lebih 146 juta USD) dengan sebuah perusahaan furniture dengan nama inisial S.P.S. Group, sebuah pabrik furniture terbesar di Thailand.

Kontrak tersebut sebagai perjanjian kerjasama untuk memproduksi furniture IKEA selama 5 tahun. Saat ini S.P.S. mengirimkan 3.000 kontainer/tahun untuk IKEA dan diharapkan akan meningkat menjadi 5.000 kontainer/tahun.

Menurut Kerati Sermpraphasilp, presiden dari S.P.S. Group, sebagian dari nilai tersebut akan digunakan untuk investasi mesin furniture baru dan meningkatkan kapasitas produksi dengan bangunan seluas sekitar 22.000 hektar.

Disebutkan pula bahwa kontrak tersebut dimaksudkan untuk memperjelas eksistensi IKEA di Asia Pasifik, terutama dalam rencananya membuka toko baru di Bangkok.

bangkokpost