Wal-Mart tanpa Furniture dari Sumber Ilegal

05 August 2008

Menyusul kampanye Amerika Serikat untuk menolak produk dari kayu ilegal, Wal-Mart Stores Inc. menyatakan bahwa pihaknya akan segera meninggalkan produk kayu dan kayu yang berasal dari sumber ilegal dan mulai memberlakukan kebijakan untuk meningkatkan produk dari sumber yang legal dalam waktu dekat.

Retailer terbesar di dunia itu telah bergabung dengan salah satu program WWF (World Wildlife Fund) untuk meningkatkan kelestarian hutan yang telah terancam. Dalam rencana mereka akan menuliskan sumber kayu yang jelas pada setiap katalog mereka. Program ini ditargetkan dalam 5 tahun mendatang, produk dari sumber kayu ilegal akan terhapus sama sekali dari katalog Wal-Mart.

Saat ini sumber furniture Wal-Mart paling besar berasal dari daerah Amazon, Russian Far East, China, Indonesia, dan daerah muara Mekong di Asia Tenggara. Assesment terhadap produsen furniture untuk Wal-mart akan selesai dalam jangka waktu kurang lebih satu tahun.

Apa artinya bagi Indonesia? Sebagai retailer terbesar di dunia, tentu Wal-mart saat ini membeli furniture kayu dari Indonesia dalam jumlah dan nilai yang tidak sedikit. Dan jenis kayu yang digunakan oleh kebanyakan pabrik furniture tidak sepenuhnya memiliki sertifikasi atau belum semuanya memiliki sistem penelusuran sumber kayu yang baik dan jelas.
Potensi berkurangnya pasar ekspor karena kebijakan tersebut cukup besar dan harus segera ditindaklanjuti untuk mencari alternatif atau jalan keluar.

Beberapa pabrik furniture di Indonesia telah menjalani assesment dalam hubungannya tentang penelusuran sumber kayu yang jelas. Daftar maupun tatacaranya dapat anda lihat di sini.

0 comments:

Post a Comment