'Recall' produk Earthentree dari pasar

23 August 2008

Sebuah retailer mainan anak-anak bernama Earthentree baru-baru ini menarik beberapa jenis produk mainan anak dari kayu dari seluruh konsumen dan retailernya melalui berbagai media dan website mereka. Dilaporkan bahwa penjualannya saat pengumuman tersebut dirilis sudah mencapai 375 unit.

Alasan utama 'recall' tersebut adalah keamanan konsumen. Disebutkan bahwa pada produk mainan anak tersebut terdapat beberapa bagian yang kecil atau yang bisa terpisah menjadi bagian kecil sehingga menimbulkan resiko bahaya tersedak pada anak-anak yang memakainya.

Mengapa? Anak-anak yang berumur di bawah 5 tahun masih cenderung menggunakan mulut untuk 'mengenali' benda asing sehingga kemungkinan bahaya benda kecil memasuki mulut dan tenggorokan sangat besar.

Selain itu juga setelah ketika mereka melakukan 'impact test' hasil pengetesan menunjukkan bahwa mainan tersebut terpecah menjadi beberapa bagian yang kecil.


Selain itu juga disebutkan bahwa pada mainan tersebut terdapat tali yang panjangnya melebihi 30 cm yang mana bisa beresiko bahaya tercekik.
Penjualan mainan yang diproduksi di India tersebut ternyata sudah dilakukan sejak Desember 2007 hingga Mei 2008 dengan harga sekita 7 - 34 USD.

langkah ini sangat baik dilakukan oleh produsen tersebut dengan semua kekuatiran mereka terhadap resiko bahaya yang ditanggung konsumennya. Mereka mengumumkan para pembeli untuk segera mengembalikan produk tersebut dan biaya pembelian akan dikembalikan.