Dubai Wood Show, terbesar di Timur Tengah

22 July 2008

Dubai International Wood & Wood Machinery Show 2008 yang dilaksanakan bulan Februari 2008 yang lalu berhasil menjadi pameran industri dan teknologi kayu yang terbesar di Timur Tengah. Berbanding dengan pelaksanaan pameran Dubai Wood Show 2007, DWS 2008 menuai 200% peningkatan nilai transaksi yang setara dengan 150 juta US dollar.

Pengunjung pameran secara individual berjumlah sekitar 5.000 orang yang berasal dari 73 negara dalam pelaksanaannya selama 3 hari saja. Saat ini panitia pameran sudah mulai mempersiapkan event berikutnya yaitu Dubai Wood Show 2009 yang tepatnya akan diadakan pada tanggal 21-23 April 2009.

Pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi di negara-negara timur tengah dipacu pula dengan meningkatnya harga minyak dunia. Pembangunan infrastruktur sedang digalakkan mulai dari jalan, gedung bertingkat untuk perkantoran, apartemen, hotel dan properti lainnya.

Seiring dengan pesatnya pembangunan tersebut kebutuhan akan perabot furniture dari almari hingga meja kursi, lantai parket, ornamen dinding hingga dekorasi interior menjadi tinggi.

Diberitakan oleh berbagai media bahwa bisnis ekpor furniture dari beberapa negara bahkan Amerika Serikat ke dalam negara Timur Tengah meningkat tajam. Dan perkembangan rata-rata import kayu dan produk kayu ke Timur Tengah, terutama UEA (Uni Emirat Arab) adalah 25-30% setiap tahunnya.

Kayu log, gergajian, vinir, laminated, papan buatan hingga peralatan kerja mesin, mesin-mesin dasar dan otomatis menjadi produk utama yang memasuki Timur Tengah. Hal ini bisa menjadi sebuah berita baik buat para ekportir produk kayu dari Indonesia karena berarti pasar Eropa dan Amerika yang mulai lesu dan terbatas dengan berbagai aturan baru ataupun daya beli yang menurun bisa teralihkan ke Timur Tengah.