Amerika Menolak Produk dari Kayu Ilegal

26 June 2008

Kampanye Amerika Serikat tentang global warning baru-baru ini telah mulai merambat ke industri kayu dan produk terbuat dari kayu. Peraturan paling terbaru baru saja dikeluarkan oleh Amerika Serikat sehubungan dengan industri kayu khususnya import untuk Amerika.

AS menjadi negara pertama di dunia yang melarang impor, penjualan dan perdagangan jenis produk apapun yang terbuat dari kayu illegal, atau dalam istilah internationalnya illegally harvested wood. The US Congress meluncurkan peraturan ini baru-baru ini.

Beberapa pihak yang terlibat dan akan terkena imbasnya hingga saat ini belum memberikan komentar yang signifikan terhadap kebijakan tersebut.
Yang pasti adalah ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Amerika Serikat dalam tujuan utamanya mengurangi pemanasan global dan terdapat beberapa keuntungan dalam bisnis kayu dalam negri AS.

Deforestation berperan 20% dalam pembetukan efek gas rumah kaca, dan illegal logging merupakan suatu aktifitas yang sangat berpengaruh dalam perusakan hutan.

Diharapkan pula langkah ini akan disusul oleh negara-negara di Eropa dan sekitarnya. Lalu apa pengaruh kebijakan tersebut bagi bisnis ekpor furniture kayu dari Indonesia? Paling tidak kita harus bersiap dengan segera mempercepat proses sertifikasi kayu, memperbanyak produksi dengan jenis kayu legal, dan banyak lagi beberapa langkah yang harus segera dilakukan, terutama untuk menyambutapabila Eropa juga ikut membuat kebijakan yang sama.

Sumber: Environmental Investigation Agency

3 comments:

Post a Comment